Indonesia Pintar

Pengembangan Lingkungan Pintar di Indonesia

Semua orang bahagia

Menurut
Mark Weiser dalam tulisannya (Mark Weiser, 1999, 3–11) memberikan sebuah visi tentang pengembangan sebuah lingkungan yang beradaptasi membantu manusia dalam melakukan kegiatannya. Visi ini dia sebut sebagai ubiquitous computing atau yang saat ini lebih dikenal dengan pervasive computing. Visi ini terus berjalan dan seiring dengan waktu dan teknologi yang berkembang, keinginan ini menjadi sebuah evolusi alami dari teknologi.
Terwujudnya sebuah lingkungan pintar ini tentunya tidak terlepas dari teknologi-teknologi pendukung di belakangnya. Teknologi perangkat keras dan perangkat lunak yang berkembang saat ini telah dapat memberikan fungsionalitas yang sebelumnya belum dapat terwujud. Selain itu, harga perangkat yang semakin turun membuat teknologi tersebut terjangkau.
Pengembangan antar disiplin ilmu membuat beberapa teknologi dapat dikembangkan untuk kehidupan. Ilmu komputer bukan lagi bagian eksklusif dari ilmu teknik. Ilmu ini telah berkembang juga berkembang di dalam berbagai disiplin ilmu. Berbagai cabang ilmu ini kemudian menghasilkan teknologi sebagai alat pemenuhan kebutuhan. Kebutuhan inilah menjadi potensi penyerapan teknologi.
Indonesia sebagai negara tujuan konsumsi teknologi memiliki potensi yang besar untuk menjadi negara dengan teknologi yang maju. Namun, penerapan yang sembarangan dapat merusak budaya Indonesia dan bahkan merusak kehidupan masyarakat itu sendiri. Penerapan teknologi yang salah malah akan membuat ketidaknyamanan dan menyebabkan permasalahan sosial bagi Indonesia.
Dampak umum dari penerapan teknologi adalah ketergantungan masyarakat terhadap teknologi dan perubahan tingkah laku bagi masyarakat. Ketidaknyamanan terhadap teknologi tersebut bisa jadi disebabkan oleh rasa keterasingan dan ketidaktahuan. Ketidaktahuan seringkali berujung kepada rasa takut. Rasa takut di masyarakat inilah yang menyebabkan resistensi terhadap penyerapan. Salah satu contoh resistensi terhadap budaya adalah masyarakat Badui di Banten yang menolak teknologi masuk ke dalam kehidupan tradisional mereka.
Untuk penyerapan teknologi sebagai komponen lingkungan pintar, diperlukan kajian untuk menerapkan teknologi secara efisien. Penulis mengambil dua indikator sebagai inti dari kajian tersebut, yakni keilmuan yang berkembang dan masyarakat pengguna. Kajian keilmuan dapat digunakan sebagai landasan dalam menemukan permasalahan. Kajian mengenai masyarakat sebagai pengguna dapat digunakan sebagai landasan dalam menyesuaikan jawaban atas permasalahan tersebut. Berangkat dari kedua indikator ini, dapat dibuat kerangka penerapan teknologi yang tepat guna.


Siklon Tropis Narelle


Selamat Datang Tropical Cyclone Narelle di Selatan Pulau Jawa

Ini dia prospek pertumbuhan Siklon Tropis Narelle


Prospek pertumbuhan Siklon Tropis Narelle sudah berada 800-900 kilometer Selatan Bali, Samudra Hindia. Indonesia, terutama wilayah Sumatra bagian Selatan, Jawa hingga Nusa Tenggara Timur (NTT) 


Narelle terbentuk sebagai siklon teropis di Selatan Samudra Hindia dengan memiliki kecepatan maksimum 150 kilometer per jam

Potensi pertumbuhan siklon tropis:
Bibit siklon tropis  terbentuk di laut arafura


Hal ini disebabkan karena adanya daerah pusat tekanan rendah di wilayah Selatan pulau Jawa sehingga dampak yang dirasakan adalah angin kencang dengan kecepatan mencapai 75 knot dan berpotensi terjadi di Sumatra bagian Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Baratdan Selatan, Sulawesi bagian Selatan juga tenggara.

Potensi pertumbuhan awan-awan penyebab hujan juga akan terus terjadi hal ini bisa juga menyebabkan cuaca ekstrim di wilayah Indonesia khususnya bagian Selatan, 


Potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis pada hari :
Senin (besok) : kemungkinan kecil 
Selasa (lusa) : kemungkinan sedang
Rabu (3 hari lagi) : kemungkinan sedang

Siklon Tropis Narelle memang bergerak menjauhi wilayah Indonesia. Namun Siklon ini terus menguat dengan kecepatan angin mencapai 165 kilometer per jam. Oleh karena itu, dampaknya masih dirasakan di wilayah Tanah Air khususnya di bagian Selatan.


Catatan :
Yang dimaksud dengan :
Kemungkinan kecil adalah potensi tumbuh menjadi siklon tropis kurang dari 10%
Kemungkinan sedang adalah potensi tumbuh menjadi siklon tropis antara 20%-40%
Kemungkinan besar adalah potensi tumbuh menjadi siklon tropis lebih dari 50%

Yang dimaksud dengan wilayah Indonesia sebelah Selatan Katulistiwa meliputi wilayah yang dibatasi antara 0-11 LS dan 90-141 BT. (regards : Finy Alya Napitupulu)



Apa sih Siklon Tropis itu??

Definisi Siklon Tropis :
merupakan sistem badai besar yang ditandai dengan tekanan rendah dan banyak pusat badai yang menghasilkan angin kencang dan hujan lebat. 

Dampak Siklon Tropis :
Karena ukurannya yang sangat besar serta angin kencang dan gumpalan awan yang dimilikinya, siklon tropis menimbulkan dampak yang sangat besar pada tempat - tempat yang dilaluinya. Dampak ini bisa berupa angin kencang, hujan deras berjam jam bahkan berhari hari yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir, gelombang tinggi dan gelombang badai (storm surge) "ini ynag gue pelajari waktu gue kuliah dulu"

Siklon tropis dilaut dapat menyebabkan gelombang tinggi, hujan deras dan angin kencang sehingga dapat mengganggu pelayaran Internasional dan bisa berpotensi untuk menenggelamkan kapal.  Siklon Tropis dapat memutar air dan menimbulkan gelombang lau tyang tinggi. 

Siklon Tropis di daratan dapat merusak dan menghancurkan kendaraan, bangunan, jembatan dan benda-benda lain. Gelombang badai (storm surge) akibat dari siklon tropis adalah dampak  paling buruk jika mencapai daratan 

Perputaran Siklon tropis yang mencapai daratan dan vertical wind shear disekelilingnya akan menghasilkan tornado. Tornado dapat juga dihasilkan sebagai akibat dari vortisitas di dinding mata siklon yang tetap bertahan hingga mencapai daratan.

Contoh Siklon Tropis yang dampaknya langsung :
Ketika suatu wilayah di Indonesia mengalami dampak langsung keberadaan siklon tropis adalah ketika terjadi pertumbuhan siklon tropis Kirrily diatas Kepulauan Kai, Laut Banda pada 27 April 2009 silam 
Kirrily menyebabkan hujan lebat dan storm surge di wilayah ini. tercatat puluhan rumah yang rusak dan lainnya terendam akibat banjir. curah hujan yang dicatat adalah di Tual sebanyak 20mm, 92mm, dan 193mm masing-masing tanggal 27, 28, dan 29 April 2009.


Setelah penulis melakukan riset kecil-kecilan puluhan tahun hingga kini, terasa ingin menyimpulkan bahwa apa yang disebut “harta amanah” atau “harta kerajaan” telah menjadi “hantu” bagi kebanyakan masyarakat tidak hanya di Indonesia tetapi juga belahan masyarakat dunia lainnya. Berbagai cara yang dilakukan oleh orang yang mengaku dirinya terah Soekarno sampai yang mengaku dirinya keturunan raja-raja Nusantara tempo dulu. Polanya pun beragam. Ada yang mengadakan arisan nasional dengan cara menyetor dana keanggotaan dengan janji akan diberikan jatah pencairan apa yang disebutnya harta amanah itu. Ada pula dengan cara upacara klenik dengan cara membai’at anggotanya dengan cara mandi kembang. Juga ada yang mengadakan dengan cara kelompok pengajian rutin dengan ceramah agama yang bersifat dogmatis.
Yang mengaku dirinya Soekarno pun tak kalah hebatnya. Mulai dari cara bicara sampai gaya dan pakaian serta atribut presiden pertama itu ikut disematkan pada pakaiannya. Setidaknya, di Sukabumi saja ada dua pria paro baya yang mengaku dirinya Soekarno. Yang satu seorang nelayan berbadan pendek dari ukuran Soekarno yang sebenarnya. Ketika penulis tanya, kenapa tubuhnya agak pendek, dia bercerita bahwa tubuhnya telah dimakan usia, sehingga menjadi agak pendek. Yang satu lagi, masih di Sukabumi, mengapa muka Anda tak mirip Soekarno dan kulit Anda amat hitam. Pria tua itu menjawab semasa rezim Soeharto dirinya diracun, dan hampir mati. Untuk menghilangkan racun itu, dia harus berendam di air luat setiap hari. Berjemur di laut inilah membuat kulitnya hitam.
Berbeda dengan pengakuan diri sebagai Soekarno di Sukabumi, di Jawa ada seorang kakek berusia renta. Ia mengaku sebagai keturunan kerajaan Mataram yang terakhir. Ia memiliki dokumen bank yang menurutnya asli dari keturunannya. Ketika ia diajak untuk proses, orang tua Mataram ini terdampar di Kawasan Sentul Jawa Barat. Ia menderita bagaikan “pengemis” di pinggiran jalan. Seorang pengusaha batubara yang pernah menjadi artis merawatnya di rumahnya di kawasan Timur Bekasi. Oleh pengusaha itu pun kakek tua ini di bawa ke RCM Cipto Mangunkusumo sekedar untuk mengecek giginya, apakah betul kakek itu sudah berusia di atas 100 tahun. Pihak rumah sakit membenarkannya. Lalu penulis pun diundang untuk bertatap muka dengan “Raja Keturunan Mataram” yang terakhir itu. Ketika terjadi dialog dengan penulis, akhirnya dia mengaku bahwa ia hanya seorang tua yang gajinya belum pernah dibayar saat kerja pada perusahaan Belanda dan Jepang. Tak lebih tak kurang. Ketika penulis minta bercerita soal kerajaan Mataram, kakek itu tak banyak tau.
Masih di Jawa, ada seorang pemuda yang masih sehat dan gagah menelpon penulis, bahwa dirinyalah yang berhak mencairkan tentang harta amanah itu. Pun penulis ajak ngobrol panjang lebar sampai penulis jemput di rumah adiknya di Bandung untuk jalan-jalan bersama penulis ke Jakarta. Setelah menginap semalam di rumah penulis, terbukalah betapa ia memahami betul cerita soal harta amanah menurut versinya. Tetapi pemuda ini mengaitkan cerita antara Soekarno dan Soeharto. Lengkap dengan segala doa-doanya agar terah Soeharto dan teras Soekarno bisa masuk ke seseorang melalui fasilitas yang dia sebut “raga sukmo”. Ia memiliki sebuah batu permata berlian berwarna putih dan merah yang menurutnya dengan batu ini ia bisa membuka seluruh gudang harta nenek moyang Indonesia setidaknya untuk wilayah Jawa.
Bahkan di Metropolitan Jakarta pun tak kalah ramainya. Seorang pemuda gagah berani yang sangat luas pergaulannya dengan keluarga Cendana. Ia mengaku keturunan kerajaan wilayah Sumatera Barat. Ia pergi kemana saja selalu dikawal ketat. Memiliki dokumen bank yang nilainya fantastis. Seorang pensiunan Cakrabiarawa malah mendatangi penulis sambil memperlihatkan dokumen lusuh atas nama Soekarno dan atas nama presiden pertama dan pendiri Taiwan. Bahkan salah satu dokumen itu penulis sempat serahkan ke Burhanuddin Abdullah ketika masih menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia tahun 2004. Penulis menyerahkannya ketika beliau penulis undang sebagai tamu talkshow di Lativi (kini TVOne), kala penulis masih bekerja di televisi milik Abdul Latief itu. Pak Burhanuddin Abdullah malam itu datang bersama istrinya. Penulis bilang, jika benar dokumen ini, tolong diproses. Tapi sayang hingga kini tak ada kabar lagi.
Satu-satunya kabar adalah dari teman penulis yang sempat bekerja sebagai staf ahli Bambang Soedibyo ketika masih menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia. Konon ia ditugaskan oleh Menkeu itu untuk memproses dokumen yang mereka miliki yang nilainya cukup untuk membayar hutang negara. Tapi gagal, dan dokumen itu dihancurkan agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain. Dua tahun silam, penulis pun sempat diundang Sekretariat Negara di Istana Negara untuk membahas sejauh mana keaslian sebuah dokumen anak bangsa. Dokumen itu diterbitkan oleh Bank of Japan yang dipegang oleh seorang wanita paro baya yang katanya sebagai anak Soekarno. Sayangnya, melihat sandi-sandi yang ada, penulis katakan bahwa dokumen itu sulit dipercaya. Hebatnya, Setneg adalah lembaga pemerintah yang banyak disurati oleh orang-orang yang mengaku pewaris harta kerajaan atau pun harta Bung Karno. Umumnya minta diteruskan ke Presiden SBY agar diproses untuk kesejahteraan bangsa Indonesia. Sepintas melihat tampilan dokumen dan orang yang menyerahkan bisa jadi semua pihak akan pecaya, bahwa dokumen itu benar adanya. Dan itu membuat para pihak “tergila-gila” untuk ikut serta bahkan mau berkorban harta dan waktu untuk ikut proses pencairannya.
Di luar negeri pun punya cerita yang sama gilanya. Ketika penulis berada di Hong Kong pada 2007, seorang kakek minta bertemu penulis sembari membawa setumpuk lembaran dokumen tua atas nama presiden pertama Indonesia dan pemimpin besar revolusi China. Ia meyakini betul bahwa hubungan Soekarno dan Mao Zedong kala itu memang berkait dengan dokumen yang ia pegang. Bundelan dokumen yang nilainya mengerikan itu diserahkan kepada penulis untuk dipelajari. Seminggu kemudian dokumen itu penulis kembalikan dengan beberapa catatan. Intinya, bahwa dokumen yang ia simpan itu tidak benar. Tak sampai seminggu kemudian, penulis diberi kabar bahwa kakek itu telah meninggal dunia.
Pengalaman dokumen di luar negeri, hasil riset penulis yang agak mendekati kebenaran dan sejarahnya (fund histrorical) rada benar adalah sebuah dokumen milik seorang pengusaha Manado, yang keluarganya pada era Soekarno adalah penjual kopra di luar negeri. Menurut hasil penelitian penulis, dana yang berjumlah sekitar USD 10 milyar itu adalah dana yang tadinya akan digunakan untuk membeli senjata ke Amerika Serikat. Sayang, dana itu kemudian disalahgunakan oleh pasukan militer yang hianat sehingga kemudian dana itu dihimpun oleh Federal Reserve (FED) atas nama anak Manado itu. Boleh jadi dana itulah yang kemudian memodali RMS hingga kini. Sebab, pihak-pihak yang terlibat waktu itu bermarkas di Bangkok. Cerita ini ada kaitannya dengan ketersinggungan Amerika Serikat atas pernyataan Soekarno soal makar di Sumatera bahwa para makar itu didapati menggunakan senjata api buatan negeri Paman Sam itu. Dan sejak itu, hubungan Jakarta dan Washinton agak macet, dan jual beli senjata pun dihentikan. Jika Pemerintah Indonesia pintar, maka dana ini pun bisa dikembalikan ke APBN, karena memang dana itu bersumber dari keuangan negara kala itu.
Di Malaysia pun yang masih rumpun Indonesia (rumpun Melayu), tak kalah hebohnya. Banyak warga negara Malaysia baik secara perseorangan maupun secara organisasi memproklamirkan diri sebagai pihak yang punya hak untuk mencairkan harta Bung Karno atau harta kerajaan. Karena sejarah kedua bangsa melekat sejak kerajaan Sriwijaya dulu. Kedua bangsa hanya dipisahkan oleh Inggris dan Belanda saja. Andaikan kedua kaum penjajah itu tidak ada, mungkin kedua bangsa ini masih menjadi satu bangsa, ialah Bangsa Nusantara. Konsep Nusantara ini pun masih bergema di Malaysia dan Brunei Darussalam. Bahkan di negeri Sultan Bolkiah itu ada restoran bernama “Restoran Nusantara”.
Pada era modern dan era reformasi sekarang pun, deman harta amanah, harta kerajaan atau harta Bung Karno ini tidak juga reda. Malah semakin gila dan berani dengan cara mendeklarasikan dirinya sebagai “pewaris syah”. Agar orang percaya, mereka gunakan argumentasi agama, budaya, kajian ekonomi, perbankan dan bahkan kajian klenik sekalipun. Ilmu hipnotis pun juga mereka gunakan agar pengikut mereka tetap setia walaupun apa yang diucapkannya tidak pernah berhasil. Ia pandai memberikan alasan yang masuk akal bagi pengikutnya. Ia pandai berceramah tentang apa saja, tetapi pengetahuan menurut versi mereka tentunya. Sebab bila dikaji menurut teori akademik, maka semuanya hanyalah othopia dan hayalan seorang imajiner. Surat Keputusan Presiden (masih diragukan kebenarannya) tentang pencairan harta kerajaan pun difotocopy dan dibagikan ke berbagai pihak seakan memang harta itu akan cair melalui tangan sang legendaris yang mereka puja-puji bak seorang seorang putri dan raja.
Mereka bukan saja menyebut dirinya raja di negeri ini, tetapi mereka menyebut dirinya sebagai penguasa planet ini. Semuanya punya mereka. Anehnya, para pengikut yang terdiri dari para sarjana dari berbagai disiplin itu, tak pernah protes. Sang legendaris hebat, karena bisa menghancur teori akademik, sehingga siapa saja yang datang akan menghadapi gempuran dalam otaknya antara percaya dengan tidak percaya. Dengan dalih, bahwa manusia itu amat terbatas kamar ilmunya, maka akademisi alam almalakut memliki teori lain, ialah teori ketidakmungkinan menjadi mungkin. Alhasil, analisa akademik dan teori ilmu sekolah hancur luluh tak berguna. Kala itulah sang pengikut setia mereka kemudian mengiyakan apapun yang diucapkan oleh sang pengaku pewaris sebagai “titah” dari alam malakut yang kemudian dibungkus sebagai firman Tuhan. Allahuakbar.
……(maaf nanti dilanjutkan, penulis sedang kedatangan tamu).

Rabu sore itu tanggal 22 Mei 2013 penuh isak tangis haru dan kangen setelah puluhan tahun bahkan berabad-abad tak pernah bertemu lagi. Mereka memang manusia biasa tapi hari itu berbeda. Masing-masing memerankan sesuai dengan terunannya masing-masing. Yang beraliran putih maupun hitam sore itu suka atau tidak suka harus bertemu. Mereka berdatangan dari pelbagai tempat sesuai dengan kesaktiannya masing-masing. Yang beraliran hitam, menangis tersedu meminta ampun kepada Sang Ibu dan mengharap ampunan dari Sang Pencipta. Ia berjanji di depan para tetua dan para Waliyullah, bahwa ia tidak akan mengulanginya lagi. Para penjaga gudang harta amanah pun unjuk diri sesuai dengan bidangnya masing-masing.
Di punghujung pertemuan itu, Paduka Yang Mulia, demikian mereka menyebutnya, hadir dengan suara lantang. Ia mengabarkan bahwa inilah saat yang paling dinantikan. Konon, Ia tidak hanya diharapkan oleh bangsa Indonesia tetapi juga manusia yang ada di planet ini. Ia menyesali, bila melihat kaadaan bangsa yang ia dulu pimpin, kini menjadi bangsa yang kerdil, dan bermental buruk. Yang ada di otak para pejabat negaranya hanyalah bagaimana “merampok” harta negara dan rakyat. Andaikan ia bisa membagikan harta amanah ini begitu saja, maka ia ingin membagikannya secara langsung kepada rakyat miskin, korban kerakusan penguasanya sendiri. Ia berpidato seperti layaknya ia masih menjadi seorang pemimpin revolusi ketika itu. Audiencenya kali ini berbeda, mereka bukan rakyat biasa, tetapi para pemuka dan tokoh besar di zamannya masing-masing.
Bung Karno duduk bersebelahan dengan Nyai Gunung Salak dan Kanjeng Ratu Pantai Selatan. Nyai sakti marah. Ia marah karena banyak harta miliknya telah dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Nyai marah kepada pejabat Indonesia sekarang yang serba korup. Inilah pertanda bahwa bangsa ini telah hancur. Jadi pemimpin itu menurutnya harus ikhlas, beribadah juga harus ikhlas. Bahkan kunci ibadah kepada Tuhan itu adalah ikhlas, bukan mengharapkan imbalan. Nah, ikhlas itu yang sudah tidak ada. Bagaimana Tuhan nggak marah, kalau ibadah saja tidak ikhlas.
Nyai Gunung Salak dan Ki Djoko Tingkir alias Panglima Samber Nyawa adalah yang paling ditakuti sore itu. Satu demi satu tubuh dan hati peserta sidang “Parodi dan Realitas Makna Konsepsi Manusia” dilihat oleh Nyai dan Ki Djoko. Yang kotor dipersihkan, yang penyakitan disembuhkan. Bahkan yang tubuhnya menjadi sarang setan, hari itu dicuci bersih. Pokoknya peserta sidang tidak boleh ada lagi yang berpanyakitan dan berhati kotor. Bahkan bos para kurawa (mahkluk jahat) pun sore itu disikat habis. Nyi Blorong yang selama ini mencemarkan nama baik Ratu Partai Selatan, hari itu datang bersimpuh dan minta maaf kepada ibu kandungnya (Ibu Ratu). Bahkan ia diambil sumpah oleh Nyai Gunung Salak di depan Wali Songo, untuk tidak mengulangi perbuatan terkutuknya selama ini. Bahkan Nyai Gunung Salak dan Pangeran Samber Nyawa semula diminta untuk mengakhiri hidupnya, karena Sang Ibu tidak mau memaafkannya. Tetapi, aliran putih tidak menganut asas itu. Ia hanya di kerangkeng dan diambil kesaktiannya. Anak Ratu ini dituding penyebab raibnya harta nenek moyang selama ini, dan jadi penghambat jalannya kebajikan di bumi persada. Bahkan ia menjadi penebar teror di mana-mana. Pokoknya sidang hari itu adalah pertemuan luar biasa yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Di penghujung rapat luar biasa itu, Nabi Adam dan Siti Hawa hadir melalui frekwensi yang luar biasa. Peserta sidang sungkem pada Ibu dari segala Ibu manusia ini. Derai air mata pun tak henti. Semua peserta yang hadir bersimpuh. Doa penutup yang disampaikan oleh Bung Karno, lalu dilanjutkan doa oleh Para Nabi dan terakhir panjatan doa dari moyang manusia, Nabi Adam As menghadirkan Tuhan, Sang Khalik. Saat itu peserta pertemuan itu langsung sujud di lantai sambil berdoa dan derai air mata. Suasana sepi sesaat.
Inilah pertemuan yang penulis istilahkan dengan nama “Antara Parodi dan Realitas Makna Kehidupan Manusia.” Sebuah konsepsi yang berdimensi antara satu alam dengan alam lainnya. Mereka adalah generasi manusia yang berbeda zaman, alam, dan frekwensi hidup. Tetapi sore itu dapat bertemu dan saling tegur sapa serta bertukar cerita dan kesaktian. Ialah sebuah konsepsi alam quantum berdimensi bahwa alam ghaib memang ada dan berhubungan dengan dunia realitas.
Tak banyak yang dapat penulis ceritakan atas peristiwa itu, karena memang belum ada teori yang mampu mengurai soal fenomena alam ini. Apabila tidak cermat, maka tulisan akan menjadi sebuah ilusi dan halusinasi. Tetap akan menjadi lain, pemahaman realitas makna kehidupan manusia bila dipahami secara Ilahiyah (petunjuk Tuhan) dengan Aqliyah (pemikiran manusia) dipadu menjadi sebuah konsepsi dan teori tentang pemahaman serta pemaknaan baru konsepsi kehidupan dalam konteks kekinian. Bahwa kebenaran itu pasti akan datang. Ialah konsepsi Demi Massa. (catatan: bagi yang mengutip tulisan ini harus menyebutkan sumbernya, untuk menghindari denda sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku di negara Republik Indonesia). Salam.
20130524-011129.jpg
Oleh: safarians | 1 Mei 2013

Buku Tentang “Harta Amanah RI”

Pembaca Blog Yang Budiman,
Penulis sedang menyiapkan buku berjudul “Harta Amanah RI” yang tebalnya mencapai 500 halaman. Buku ini menampilkan tulisan-tulisan tentang harta amanah yang berkait erat dengan The Green Hilton Memorial Agreement yang terdapat dalam blog ini. Namun artikel-artikel tersebut penulis perbaharui dengan data-data dan hasil investigasi serta riset terbaru yang penulis lakukan. Termasuk komentar para pembaca yang akan penulis tampilkan apa adanya. Artinya, jika ada para pemberi komentar berkeberatan atas pemuatan komentarnya pada buku yang diterbitkan itu agar segera memberi tau penulis melalui email: safari_ans@yahoo.com. Sebaliknya, bila ada tambahan komentar Anda, silahkan tulis dalam komentar artikel yang Anda tanggapi.
Harapan penulis, semoga dengan terbitnya buku ini, setidaknya ada pijakan awal para peneliti sejarah dan riset ilmiah mengenai “sejarah bangsa besar yang hilang” tentang harta amanah yang telah menjadi buah bibir kebanyakan masyarakat Indonesia. Semoga.
20130501-020346.jpg
Oleh: safarians | 26 Maret 2013

THE GREEN HILTON MEMORIAL AGREEMENT

diagram GHMATidak ada kata-kata yang dapat ditulis lagi. Begitu penulis menemukan diagram ini, foto Bung Karno bersama John F Kennedy dan William Vouker, serta selembar bukti perjanjian itu, termenung sejenak, sangat luar biasa. Lengkaplah sudah cerita bahwa memang The Green Hilton Memorial Agreement itu ada. Dan masih berlaku hingga kini. Ini merupakan sebuah perjanjian dan karya besar bagi dua bangsa besar, Indonesia dan Amerika Serikat. Sebuah konspirasi besar manusia di planet bumi ini.
Ini merupakan salah satu halaman penting dalam dokumen lengkap The Green Hilton Memorial Agreement. Ada kecocokan tanggal penandatangannya dengan diagram tersebut.
Oleh: safarians | 23 Maret 2013
Oleh: safarians | 8 Januari 2012

Tim Soekarno Masih Kontrol Penuh Aset Dunia

Wawancara Imajiner Dengan Bung Karno
“TIM BELIAU MASIH KONTROL PENUH ASET DUNIA”
Bung Karno bersedia cairkan aset ummat manusia yang didalamnya juga adalah aset bangsa Indonesia, apabila dunia internasional beserta seluruh rakyat Indonesia bersedia memilih dan mendukung seorang calon Presiden Republik Indonesia, yakni seorang anak Indonesia yang sudah ia persiapkan sejak lama. Calon pemimpin Indonesia ini sudah diuji kemampuan intelektualnya, kepribadiannya, keteguhan hati dan imannya serta kesucian niatnya untuk memakmurkan seluruh rakyat Indonesia.
Soekarno bukanlah manusia sembarang, setidaknya dunia putih yang dekat dengan Tuhan mendukung penuh upayanya untuk melindungi aset ummat manusia yang dititipkan melalui tangannya. Walau dunia yang disponsori oleh petinggi Amerika Serikat sendiri berkali-kali mengakali dengan sistem perbankkan sekalipun, sampai detik ini, belum berhasil mencairkan aset tersebut.
Bahkan skenario yang diciptakan oleh link Geogre Bosh Senior di Amerika Serikat yang berhasil meyakinkan Kongres dengan memberikan kesempatan pada Dr. Ray C. Dam –seorang warga negara Thailand–untuk berpidato, pun sempat menggoyang dunia hingga kini. Dr Ray C Dam berhasil memperkenalkan OITC (Office of International Treasury Control) yang ia pimpinan sebagai satu-satu lembaga yang diberi kewenangan oleh Soekarno untuk mengelola asset dunia itu. Bahkan Dr Ray C Dam mengkalim bahwa organisasinya langsung di bawah kontrol PBB. Namun kemudian, PBB membantah bahwa OITC adalah lemabaga dibawah naungan PBB. Kendati demikian, Dr Ray C Dam tetap memainkan perannya hingga kini dan lama di Indonesia untuk bertemu dengan para pihak yang ia sebut sebagai “pemegang amanah”.
Gencarnya kegiatan Dr Ray C Dam ini, setelah tokoh senior yang ikut kontrol Amanah Dunia keturunan Yahudi, Sruder? (belum jelas benar namanya) atau nama lainnya Mr. Godschal gagal meyakinkan Soekarno soal mekanisme pencairan aset ummat manusia itu. Perdebatan panjang antara Soekarno dengan tokoh dunia satu ini berlangsung lama. Namun akhirnya, Sruder diberi batas waktu oleh teman-temannya di Amerika Serikat agar ia segera menemukan pemegang kunci dana ummat manusia itu paling lambat bulan Desember 2008. Gagal bersepakat dengan Bung Karno secara dunia lain, dan gagal pula menemukan pemegang kunci di pulau Jawa, maka tokoh yang Yahudi yang doyan makan ketoprak ala Surabaya ini dianggap gagal oleh Amerika Serikat. Setahun kemudian kemudian, tokoh yang ikut membesarkan CNN meninggal dunia.
Penulis sempat bertemu dengan tokoh ini tetapi hanya bertatap muka jarak jauh. Ia bertopi hitam dan baju hitam ala kebangsaan Yahudi serta berjenggot tebal. Bahkan bepergian saya dari Jakarta, Belanda, Jerman dan Prancis selama dua minggu pada tahun 2005, belakangan saya tahu kalau tim yang membawa penulis itu adalah tim beliau sendiri. Bahkan semua hasil rekaman video penulis tidak diperkenalkan untuk dibawa ke Indonesia. Sehingga begitu penulis meninggalkan Belanda sebagai pintu masuk dan keluar, maka tak satu pun dokumen dan foto yang bisa dibawa pulang.
Penulis ketika itu berhasil menemuinya, setelah penulis menunjukan sebuah simbol berupa polpen plastic berwarna hijau yang harus saya tulisi dengan peniti dengan kata “kemakmuran”. Petunjuk ini penulis dapatkan dalam mimpi penulis sehari sebelum berangkat keliling Eropa. Sayang pertemuan penulis tidak sempat melakukan wawancara langsung karena saat itu bertepatan dengan wafatnya pemimpin Vatikan, Sri Paus Paulus II. Tetapi melalui orang-orang terdekatnya penulis dapat saling tukar informasi. Namun sayang, penulis gagal menjadi penengah persengketaan tokoh berpengaruh Yahudi –yang pernah selamat dari penjara gas beracun era Nazi Jerman, karena ia terjun masuk ke lobang kakus (tinja)– dengan Soekarno yang berada dalam dunia yang berbeda. Pasalnya sederhana, tokoh Yahudi ini meminta pembagian untuk bangsanya dan keluarganya tak sesuai dengan aturan amanah yang Bung Karno pegang.
Gagalnya negosiasi tokoh Yahudi ini, maka Geroge Bush Senior mengubah skenario dengan menggunakan Dr Ray C Dam sebagai simbol pergerakan, bahkan PBB sempat hampir untuk mengakui organisasi OITC pimpinan Dr Ray C Dam ini untuk masuk dalam organisasi PBB. Tapi upaya itu gagal, karena PBB juga merupakan satu kesatuan dengan World Bank dan IMF. Sebab kalau OITC berhasil masuk justru akan mengacaukan kinerja kedua lembaga keuangan dunia itu yang sudah lama eksis. Akunya Dr Ray C Dam sebagai otoritas aset amanah dunia menurut penulis menjadi dipertanyakan ketika dia berkeliling Indonesia untuk menemui orang-orang Indonesia yang dititipi amanah oleh Bung Karno. Sayangnya, dia bertemu dengan orang-orang yang mengaku-ngaku saja. Bisa dibayangkan memang, orang tua berambut putih berusia di atas 90 tahun bernama Soewarno saja lebih dari enam orang. Dan semuanya mengaku sebagai Soewarno yang asli dan paham semua sejarah dana amanah tersebut. Passport mereka pun juga bernama Mr. Soewarno. Kini kasus Dr Ray C Dam masih bergolak di belantara hutam gelap aset ummat manusia itu, bahkan sudah ada yang masuk dalam proses pengadilan dan penuntutan hak ganti rugi.
Tahun 2010, skenario lainnya dijalankan melalui jaringan The Committee 300 yang dipandang sebagai The World Bank Group, tepatnya tanggal 23 November 2010 jaringan ini memulai kerja keras dengan menjagokan Mr. Antony Santiago Marthin bersimbol “The King ASM” ber-passport Philipina No. XX3794724 sebagai pemegang tunggal otoritas aset dunia dengan status “Qing Dynasty”. Lalu, menurut dokumen yang disebar ke 886 bank, yakni seluruh bank sentral setiap negara juga disebar ke bank penerima di seluruh dunia. Account misterius yang terdapat pada World Bank dan IMF menjadi account name: White Spiritual Boy, Spiritual Wonder Boy, Morning Star dan lainnya. Konon kabarnya, otoritas keuangan dunia telah mengeluarkan MT799 (pre-advice pengiriman uang) keseluruh bank sentral negara-negara anggota PBB dan bank besar-besar yang terdapat pada masing-masing negara itu. Indonesia sendiri tercatat BNI, Bank Mandiri, BRI, Bank Danamon, BCA dan Bank Lippo dengan nilai fantastic; diatas USD 5 Trilyun. Menurut para konsultan ini, proses pencairan melalui MT799 ini akan berproses selama 30 tahun terhitung November 2010.
Bung Karno menilai, jaringan yang dibuat oleh The Committee 300ini sebagai skenario yang terhebat dari sekian skenario yang pernah beliau hadapi. Tetapi skenario ini pun kelihatannya menjadi lemah, ketika sang primadona yang disebut The King ASM tadi mendesak agar pihak Indonesia mau menghadirkan pemegang otoritas amanah dan dynasty di Indonesia dan mau menandatangani otoritas keuangan yang dipegang oleh orang Indonesia. Penulis sendiri sempat membaca dokumen tersebut yang ditekan oleh The King ASM tetapi pihak Indonesia yang disitu tercantum nama Mr. Seno tidak bersedia ditandatangani. Menurut pensiunan militer yang pernah ditugaskan Soeharto untuk mengejar para pemegang amanah itu, Wisnu HKP Notonagoro melalui organisasinya yang bernama Gerakan Kebangsaan Rakyat Semesta berkisah kepada penulis.
Baru-baru ini Dr Seno pernah dijemput pejabat Kejaksaan Agung RI yang dikawal oleh para militer dan membawanya ke Gedung Sudirman, Tebet Jakarta dan mendesak Dr Seno untuk menandatangani dokumen yang sudah diteken oleh The King ASM, namun kemudian Dr Seno tetap menolak, Dan akhirnya Dr Seno dibawa pulang kembali oleh Wisnu HKP Notonagoro.
Wisnu HKP Notonagoro (berpeci) ketika berdialog dengan penulis di Jakarta
Hal ini menggambarkan bahwa The King ASM seperti yang dimaksudkan oleh The Committee 300 itu walaupun sudah disyahkan oleh Word Bank dan IMF adalah bukan siapa-siapa dan tidak memiliki kekuatan apa-apa dalam hal otoritas dana atau aset ummat manusia yang banyak dibicarakan orang selama ini. Dan Bung Karno mengatakan dalam pembicaraan imajiner tersebut mengatakan, bahwa dirinya belum pernah memberikan kekuasaan otoritas itu kepada siapapun. Bahkan Bung Karno menunjukkan selembar kertas yang berisi pelimpahan kekuasaan (power authority)yang belum beliau ditandatangani. Ia hanya minta kepada bangsa Indonesia dan dunia internasional agar mendukung calon pemimpin Indonesia yang amanah yang telah disetujui oleh Dewan Komite Amanah. Dia adalah seorang pemuda dari keluarga anak rakyat jelata tapi berdarah keturunan Majapahit, seperti dirinya. Menurutnya, ia diberikan hak pelimpahan aset ketika berumur 27 tahun (1928) sebagai anak Indonesia berdarah Majapahit. Makanya ketika beliau menandatangani Green Hilton Memorial Agreement 1963, tidak atas nama Presiden Republik Indonesia, tetapi atas nama bangsa Indonesia.
InsyaAllah, beliau akan mencairkan aset ummat manusia itu sesuai dengan kebutuhannya dan peruntukannya yang beliau terima, jika Indonesia sudah dipimpin oleh anak bangsa Indonesia yang amanah pula. Dan pemuda itu akan muncul dalam figur sederhana tetapi dalam benaknya terbenam milyaran ide untuk membangun bangsanya. Dan ide-idenya itu pun sudah disetujui oleh Dewan Komite Amanah yang dipimpin oleh Soekarno sendiri hingga kini (entah dimana, redaksi). Bahkan menurut beliau, peci kesayangannya yang menjadi mahkota beliau selama ini, sudah beliau serahkan kepada pemuda calon Presiden RI tersebut.
Jadi menurut beliau, mencairkan harta amanah dan dinasti itu bukanlah hal yang sulit. Yang sulit itu adalah menstabilkan gejolak nafsu orang-orang di planet bumi ini yang ingin selalu untuk menguasai harta tersebut demi kepentingan kelompoknya sendiri atau bangsanya sendiri. Jika masing-masing pihak sadar akan sifat dan fungsi dana amanah demikian, maka pencairannya sangat mudah. Jika sosok pemimpin ini telah menjadi Presiden RI, Bung Karno bersedia mencairkan dana atau harta amanah atau harta dinasti. Benarkah? Sejarahlah yang membuktikannya. Salam Perjuangan.(*****).
Oleh: safarians | 13 Desember 2011

Kenangan Memperjuangkan Bangka Belitung menjadi provinsi

Oleh: safarians | 21 September 2011

Manajemen Negara Amburadul

Tak mudah jadi Presiden Republik Indonesia di era jadul seperti ini. Hak-haknya dipreteli oleh undang-undang produk baru, sementara kewajibannya seabrek dan bertambah banyak. Bahkan Indonesia kini boleh dicatat; dengan dalil otonomi, provinsi dan daerah seperti negara dalam negara. Tak heran kalau bupati-bupati sekarang ini jadi raja-raja kecil ala dunia kolonialisme dulu.
Ketika penulis bercerita tentang negara ini kepada seorang diplomat senior negara tetangga Singapura, ia berkali-kali tertawa terpingkal-pingkal. Saya bertanya, mengapa Anda tertawa. Dia bilang, negeri Anda lucu. Bagaimana mungkin secara de facto dan de jure, bupati tidak bertanggungjawab kepada Gubernur yang hirarkinya berada di atasnya. Lebih lucu lagi, Gubernur juga tak perlu berikan pertangungjawabannya kepada Presiden. Negari apa yang bernama: Indonesia ini?
Apapun alasannya, menurut UU otonomi daerah bahwa bupati beserta jajarannya hanya bertanggungjawab kepada DPRD, begitu juga Gubernur hanya bertanggungjawab kepada DPRD Provinsi, tidak bisa diterima akal sehat. Adalah cukup berasalasan apabila pejabat di pusat banyak tidak tau apa dan bagaimana pembangunan di dearah, jika mekanismenya seperti itu.
Sebagai rakyat, penulis ingin berbagi pikiran agar kondisi ini diberikan jalan keluar. Manajemen negara harus dikembalikan tanpa merubah hak otonomi daerah, karena pusat punya hak untuk membatalkan peraturan daerah (Perda) yang bertentangan dengan kebijakan pusat. Padahal untuk melahirkan Perda, pihak Bupati dan DPRD harus bekerja keras; biaya, pikiran dan waktu panjang dibutuhkan tak sedikit. Kondisi ini sebabkan, negara menjadi tidak efisien dan tidak efektif. Komando dan manajemen negara pun tak berfungsi dengan baik. Jika kondisi ini dipaksakan terus, resikonya Indonesia akan alami kelambanan proses pembangunan dan tak mampu memecahkan persoalan mendasar bangsa seperti yang selama dikeluhkan banyak orang.
Mestinya, Bupati dan Walikota melakukan pertanggungjawabannya pada sidang paripurna DPRD kabupaten dan kota yang harus dihadiri oleh Gubernur atau setidaknya Wakil Gubernur beserta pimpinan atau anggota DPRD provinsi. Gubernur wajib memberikan catatan atas laporan pertangungjawaban tersebut, bahkan menolaknya jika terdapat hal-hal yang mengganggu mekanisme kenegaraan. Gubernur juga diberikan waktu dalam paripurna untuk memberikan koreksi atau menilai laporan pertanggungjawaban bupati atau walikota. Penulis berharap dengan mekanisme seperti ini saja, posisi Gubernur di mata bupati dan walikota bisa dikembalikan, setelah hilang selama ini. Bayangkan, betapa banyaknya bupati dan walikota menolak hadir undangan rapat sang gubernur dengan alasan yang terkadang dibuat-dibuat.
Begitu juga dengan gubernur. Ia harus mempertanggungjawabkan laporannya dalam sidang paripurna DPRD provinsi yang dihadiri oleh Presiden atau Wakil Presiden, setidaknya dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri beserta anggota atau pimpinan DPR RI/DPD. Presiden berhak memberikan catatan atas laporan pertanggungjawaban sang gubernur. Bahkan presiden berhak untuk merekomendasikan agar pertanggungjawaban tersebut ditolak, karena dianggap mengganggu mekanisme dan program kerja kenegaraan.
Atau bahkan lebih ekstrim lagi. Bupati dan walikota menyampaikan laporan pertanggungjawabannya di sidang paripurna DPRD provinsi, sehingga provinsi lebih tau dan paham tentang daerahnya. Begitu juga gubernur, laporan pertanggungjawabannya harus disampaikan di depan sidang khusus DPR RI di Senayan. Dengan cara seperti ini, pusat menjadi tau soal daerah. Bahkan DPR RI bisa menilai apakah manajemen kenegaraan berjalan dengan baik antara pusat dan daerah.
Penulis berharap dengan mekanisme seperti ini, tidak ada tumpang tindih antara kepentingan pusat, provinsi dan daerah. Bisa dibayangkan, sebuah obyek tinjauan pada suatu daerah bisa menerima tamu berkali-kali dalam sebulan. Tamu pertama dari DPRD kabupaten, minggu kedua tamu DPRD provinsi, minggu ketiga menerima tamu dari DPR RI. Padahal di sela-sela itu tamu dari instansi pemerintah juga datang untuk mengecek dan memeriksa sesuai tugas rutin. Apa jadinya kalau seperti itu. Negara amburadul, ampun deh……!!!!!
Oleh: safarians | 20 September 2011

Pemilukada Kobar Tak Biasa

“MK dan Pemerintah Harus Arif Dalam Menangani Kasus Pemilukada Kobar”
Dari sekian kasus Pemilukada yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK), kasus Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dianggap paling unik dan rumit sehingga kini saat memasuki kurun waktu 1,5 tahun, Bupati definitif belum juga dapat dilantik.
Cerita bermula saat MK yang selama ini tidak pernah memenangkan salah satu kandidat pasangan calon bupati atau kepala daerah – sesuai iklan layanan masyarakatnya di televisi (sekarang sudah tidak tayang lagi) – telah melanggar komitmennya sendiri dengan mendiskualifikasi pasangan pemenang Pemilukada Kobar dan memenangkan saingannya. Selama ini putusan MK hanya merekomendasikan Pemilukada ulang, seperti yang terjadi pada Pemilukada Tangerang Selatan dan sebagainya beberapa waktu lalu. Keputusan ini membuat beberapa pengamat menilai MK telah melampui kewenangannya.
Akibat keputusan yang tidak biasa ini, MK dipandang telah melempar bola panas kepada Pemerintah sehingga Pemerintah kesulitan untuk melaksanakan eksekusi, mengingat putusan MK adalah bersifat final dan mengikat. Padahal Pemilukada Kobar yang berlangsung pada 11 Juni 2010 telah menghasilkan pemenang dengan perolehan suara 55% atau lebih besar 12 ribu suara dibanding pasangan calon saingannya. Lebih parah lagi, pasangan yang didiskualifikasi MK adalah pasangan yang diunggulkan sebagian besar masyarakat Dayak Kalimantan Tengah. Keputusan MK tersebut pada akhirnya menimbulkan ketersinggungan politik masyarakat Dayak dan kekecewaan pada Pemerintah Pusat. Apalagi ketika dua Dirjen Kemendagri mengantarkan surat perintah kepada Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk melantik calon Bupati yang dimenangkan MK tersebut, awal Agustus silam. Hari yang sama Gubernur Kalteng memerintahkan DPRD Kobar menyiapkan paripurna pelantikan pasangan bupati termaksud.
Tak sampai seminggu kemudian, Ketua DPRD Kobar menolak tegas pelantikan Bupati versi MK. Gubernur Kalteng pun awal September lalu akhirnya dengan tegas menolak melantik calon Bupati versi MK tersebut. Penolakan Gubernur Kalteng bukan semata karena pemenang Pemilukada Kobar adalah satu partai (PDIP), tetapi lebih kepada kondisi politik masyarakat Dayak di Kalteng umumnya dan Kobar khususnya yang memanas dan menyatakan dirinya siap “perang”. Bahkan upacara adat dan mandi ritual masyarakat Dayak, yang lazim dilakukan mereka saat akan berperang, sudah dilakukan sehingga memaksa polisi menambah pasukan pengamanan di wilayah itu.
Masyarakat Dayak Kalimantan bereaksi keras. Apabila pemerintah masih memaksakan kehendak untuk melantik pemenang versi MK, maka masyarakat Dayak akan menuntut hak otonomi khusus. Bahkan mulai terdengar teriakan akan kibarkan bendera Malaysia sebagai pertanda kekecewaan atas kebijakan politik Pemerintah Pusat yang mereka anggap kurang mewakili aspirasi masyarakat ini. Mereka bilang, kalau memang MK bisa melakukan putusan seperti itu, lebih baik Pemilukada tidak diadakan. Jadi para calon bupati nantinya hanya tinggal mendaftarkan diri ke MK, lalu MK-lah yang yang akan memutuskan siapa yang paling pantas menjadi Bupati atau Gubernur. Lumayan, cara seperti ini dapat menghemat waktu dan biaya.
Berkenaan dengan itu, kita perlu menyarankan kepada MK dan Pemerintah Pusat untuk bersikap arif dalam menangani kasus Pemilukada Kobar. Pertimbangannya antara lain, telah dipenjarakannya saksi palsu sidang MK pada kasus Pemilukada Kobar berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Seharusnya dalam hal ini MK dapat memahami keadaan dan menggunakan hak-hak yang dimiliki untuk menganulir keputusannya yang melanggar tradisi MK selama ini. Apalagi kemudian 5 (lima) orang saksi lainnya juga mencabut kesaksiannya di MK. Melalui notaris, mereka menyatakan telah berbohong dalam persidangan kasus Kobar di MK. Sebagian besar para saksi yang di bawa ke Jakarta menyebutkan mereka hanya tahu akan diajak jalan-jalan, bukan menjadi saksi pada persidangan di MK. Lebih lanjut menurut para saksi tersebut, bahwa Bambang Widjajanto (calon Ketua KPK)-lah yang mengajari mereka bicara di persidangan. Untuk keperluan tersebut mereka bahkan menjalani pelatihan di sebuah penampungan.
Kita berharap MK bersikap legowo dan membiarkan Pemerintah Pusat melaksanakan hak konstitusinya untuk melantik Bupati pemenang Pemilukada Kobar seperti yang telah dikukuhkan KPU Kobar. Atau, sepakat melakukan Pemilukada ulang di Kobar, sehingga tidak terjadi penodaan hak politik rakyat yang selama ini telah menjadi kebanggaan Indonesia di mata dunia. Sebagaimana diketahui, Indonesia dikenal paling berhasil melaksanakan proses demokrasi dengan azas Pancasila. Karena norma demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang saling menghargai dan sadar hukum serta azas kepatutan. Kalau tidak patut, buat apa dipaksaan, karena tidak ada satu pun manusia yang bisa menerimanya, bahkan jika bertameng hukum sekali pun.

Perbedaan Orang Pintar Dengan Orang Cerdas
Disini saya akan membahas sedikit tentang perbedaan orang pintar dangan orang cerdas, banyak orang mengatakan saya lebih ini orang pintar, namun ketika di beri pilihan anda memilih disebut pintar atau cerdas .... ??
mereka tidak bisa menjawab alasan dengan defenisi yang jelas ... !
apa itu pintar ... ??
menurtut kamus besar bahasa indonesia pintar adalah kepandaian dan kecakapan seseorang
dan apa itu cerda ... ??
menurtut kamus besar bahasa indonesia cerdas adalah sempurna akal budi untuk berfikir dan mengerti.

untuk mendefenikan apa itu cerdas dan apa itu pintar yang kita dapatkan di kamus besar bahasa indonesia mungkin sukar untuk di mengerti, tapi saya akan mencoba mendefenisikan pengertian dan perbedaan dari pintar dan cerdas dengan analogi yang saya punya.

ok menurut saya ada perbedaan yang menonjol dari pintar dan cerdas, yang dimana saya mempunyai paradigma bahwa orang yang pintar belum tentu cerdas, sedangkan orang ynag cerdas sudah pasti pintar.
kenapa saya mengatakan begitu, banyak cara untuk membuktikannya diantara lain.

orang pintar hanya bisa mengambil pedoman dari buku atau panduan sehari - hari, sedang kan orang cerdas mengelolah kemampuan fikirnya apa yang menjadi objek pemikirian akan dikembangkan dengan kemampuan berfikirnya.

contoh orang pintar hanya tahu 2 + 2 = 4, 1 + 1 = 2
sedangkan orang cerdas, ia akan mencoba mengembangkan pemikiran dengan objek yang ada
contoh 4 = 1 + 3, 2 x 2, 4 x 1 dll.
dengan kata lain orang yang cerdas telah memikirkan sebuah pemikiran disaat orang yang pintar belum mimikirkan sama sekali.


Contoh dikehidupan nyata

Pada saat mandi dilokasi perkemahan tak ada gayung

Kalau orang Pintar sebelum berangkat sudah mempersiapkan gayung sebagai peralatan mandinya. Tapi kalau orang Cerdas hanya membawa peralatan seadanya,Begitu dilokasi orang Pintar akan mandi dengan gayungnya sedangkan orang cerdas mencari botol plastik lalu dibelah hingga berfungsi sama seperti gayung atau mungkin menggunakan batok kelapa atau alat lainnya yang bisa digunakan untuk menggantikan gayung.


Tidak membawa hanger (gantungan baju)

Orang Pintar akan mempersiapkan Hanger sebelum berangkat, Orang Cerdas selalu seadanya. Setelah tiba dan ingin mengganti pakaian Orang Pintar akan menggunakan Hanger yang dibawanya sedangkan Orang cerdas akan mencari ranting pohon dan mencari tali kemudian ranting tersebut dibagian tengahnya diikat dengan tali dan digantung dipohon sehingga fungsinya akan sama seperti hanger.

nah begitu banyak contoh untuk dapat membedakan antara pintar dangan cerdas
jadi anda mau di golongan di golongan yang mana .... ???

refrensi ini hanya untuk perbandingan saja ....
mudah - mudahan tulisan ini dapat berguna bagi pembaca

Shalat itu bikin otak kita sehat Rasulullah saw bersabda:
“Barangsiapa menghadap Allah (meninggal dunia), sedangkan ia biasa melalaikan Shalatnya, maka Allah tidak mempedulikan sedikit-pun perbuatan baiknya (yang telah ia kerjakan tsb)”. Hadist Riwayat Tabrani.
Sholat itu Bikin Otak Kita Sehat
“Maka dirikanlah Shalat karena Tuhanmu dan Berkurbanlah” (Q.S Al Kautsar:2)

Sebuah bukti bahwa keterbatasan otak manusia tidak mampu mengetahui semua rahasia atas rahmat, nikmat, anugrah yang diberikan oleh ALLAH kepadanya. Haruskah kita menunggu untuk bisa masuk diakal kita ? Seorang Doktor di Amerika telah memeluk Islam karena beberapa keajaiban yang di temuinya didalam penyelidikannya. Ia amat kagum dengan penemuan tersebut sehingga tidak dapat diterima oleh akal fikiran. Dia adalah seorang Doktor Neurologi. Setelah memeluk Islam dia amat yakin pengobatan secara Islam dan oleh sebab itu itu telah membuka sebuah klinik yang bernama “Pengobatan Melalui Al Qur’an” Kajian pengobatan melalui Al-Quran menggunakan obat-obatan yang digunakan seperti yang terdapat didalam Al-Quran. Di antara berpuasa, madu, biji hitam (Jadam) dan sebagainya. Ketika ditanya bagaimana dia tertarik untuk memeluk Islam maka Doktor tersebut memberitahu bahwa: Sewaktu kajian saraf yang dilakukan, terdapat beberapa urat saraf didalam otak manusia ini tidak dimasuki oleh darah. Padahal setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara yang lebih normal. Setelah membuat kajian yang memakan waktu akhirnya dia menemukan bahwa darah tidak akan memasuki urat saraf didalam otak tersebut melainkan ketika seseorang tersebut bersembahyang yaitu ketika sujud. Urat tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini artinya darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikut kadar sembahyang waktu yang diwajibkan oleh Islam. Begitulah keagungan ciptaan Allah. Jadi barang siapa yang tidak menunaikan sembahyang maka otak tidak dapat menerima darah yang secukupnya untuk berfungsi secara normal. Oleh karena itu kejadian manusia ini sebenarnya adalah untuk menganut agama Islam “sepenuhnya” karena sifat fitrah kejadiannya memang telah dikaitkan oleh Allah dengan agamanya yang indah ini. Kesimpulannya : Makhluk Allah yang bergelar manusia yang tidak bersembahyang apalagi lagi bukan yang beragama Islam walaupun akal mereka berfungsi secara normal tetapi sebenarnya di dalam sesuatu keadaan mereka akan hilang pertimbangan di dalam membuat keputusan secara normal. Justru itu tidak heranlah manusia ini kadang-kadang tidak segan-segan untuk melakukan hal hal yang bertentangan dengan fitrah kejadiannya walaupun akal mereka mengetahui perkara yang akan dilakukan tersebut adalah tidak sesuai dengan kehendak mereka karena otak tidak bisa untuk mempertimbangkan Secara lebih normal. Maka tidak heranlah timbul bermacam-macam gejala-gejala sosial Masyarakat saat ini.

“Anda ingin beramal shaleh…? Tolong kirimkan kepada rekan-rekan muslim lainnya yang anda kenal Sumber : Sumber asli tidak diketahui “Orang yang menyeru (menyuruh/menasehatkan) kepada kebaikan akan memperoleh pahala seperti orang yang mengamalkan seruannya, tanpa mengurangi pahala orang yang mengamalkan sedikitpun. Sebaliknya, orang yang menyeru kejahatan akan mendapatkan dosa seperti orang yang mengamalkannya, tanpa mengurangi dosa orang yang mengamalkannya sedikitpun.” (HR. Muslim) SEBARKAN CATATAN INI
 

Kriteria Metode Ilmiah Yang Baik ada 7hal :
1.Signifikasi:

Pengertian signifikasi:
Apa sebenarnya signifikansi itu? Dalam bahasa Inggris umum, kata, "significant" mempunyai makna penting; sedang dalam pengertian statistik kata tersebut mempunyai makna “benar” tidak didasarkan secara kebetulan. Hasil riset dapat benar tapi tidak penting. Signifikansi / probabilitas / α memberikan gambaran mengenai bagaimana hasil riset itu mempunyai kesempatan untuk benar. Jika kita memilih signifikansi sebesar 0,01, maka artinya kita menentukan hasil riset nanti mempunyai kesempatan untuk benar sebesar 99% dan untuk salah sebesar 1%.
Ini contoh hasil penelitian yang mencoba mengetahui apakah ada perbedaan pembelian BBM jenis X menurut kota dan jenis kendaraan bermotor sesuai taraf signifikasi pada aplikasi software. Analisis menggunakan teknik chi square.
http://dc356.4shared.com/doc/40Ug8KEd/preview_html_520ea303.jpg



2.Keserasian antara teori dan pengamatan:

Pengertian:
Keserasian berasal dari kata serasi dan dari kata dasar rasi, artinya cocok, kena benar, dan sesuai benar. Kata cocok, kena dan sesuai itu mengandung unsur perpaduan, pertentangan, ukuran dan seimbang. Dalam pengertian perpaduan misalnya, orang menggunakan computer dengan di install aplikasi serta operating system nya.

3.Generalizibility:

Pengertian:

Dapat menunjukan sejauh mana hasil riset berlaku.
Maksudnya adalah Keumuman (generalizibility) adalah sifat sebuah hasil penelitian yang dapat diaplikasikan kepada waktu dan tempat yang berbeda (setting) dengan ketika penelitian tersebut dilakukan.
Misalkan data siswa yg di buat menggunakan pada suatu aplikasi, contoh: ms.excel dan database.
4.Dapat di produksi
Pengertian:
Dapat di sesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
Misalkan saat kita menggunakan internet untuk mencari suatu data entah itumengenai pelajaran atau sejarah sejarah yg menyangkut sesuai kebutuhan kita.
Dan software software yg di jual di pasaran untuk kebutuhan, atau game game aplikasi untuk di install pada computer kita.
5.Presisi(Ketetapan)
Pengertian:
Sejauh mana hasil data yg kita gunakan itu benar, data yg kita buat harus tepat dan akurat serta meyakinkan.
Presisi (precision) adalah kondisi penemuan “realitas” berdasarkan sampel. Presisi mencerminkan kadar keakuratan atau ketepatan hasil berdasarkan sampel, yang menunjukkan keberadaan yang sebenarnya dari suatu univesal.
6.Teliti
Pengertian:
Rigor(Teliti) diartikan sebagai hati-hati, teliti, cermat, dan memperhatikan kadar ketepatan atau kepastian (exactitude).penelitian ilmiah harus dapat menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dapat ditelaah ulang menggunakan data atau situasi yang berbeda. Penelaahan ulang tersebut untuk menjamin bahwa hasil yang didapatkan dari suatu penelitian tidak diperoleh secara kebetulan.
Misalkan saat kita menggunakan software apakah software itu benar benar bias di gunakan sebagai mana mungkin, dan apa efek pada software tersebut
7.Verifikasi
Pengertian:
pemeriksaan tentang kebenaran laporan.
100% bahwa hasil atau laporan yg kita gunakan itu tepat.
Langkah terakhir dari suatu penelitian ilmiah adalah membuat laporan ilmiah tentang hasil-hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut. Penulisan secara ilmiah mempunyai teknik tersendiri.
Verifikasi contoh yg berhubungan dengan komputer yaitu saat kita memasukan kata sandi pada file yg terkunci, kita harus benar benar memasukan data yg benar agar membuktikan ketepatan.





Sabtu, 09 Juni 2012


TROUBLESHOOTING KOMPUTER








Komputer sudah merupakan alat bantu yang tergolong penting saat ini, kita ambil salah satucontoh pada kegiatan perkantoran, tentunya dengan adanya komputer maka pekerjaan dapatdiselesaikan dengan lebih cepat. Sebagai pengguna atau pemakai komputer tentunya kita juga pernah mengalami masalah dengan komputer. Hal tersebut dapat diakibatkan adanyaketidaksesuaian dari komponen dasar komputer itu sendiri yang biasanya berkaitan denganSoftware (perangkat lunak atau aplikasinya), Hardware (perangkat keras) atau Brainware (si pemakai komputer).Pengertian Troubleshooting Komputer Dalam dunia komputer, segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan komputer disebutTroubleshooting dan timbulnya masalah dalam komputer tentu ada sebabnya. Padakesempatan ini kita akan sedikit belajar untuk mendeteksi masalah pada komputer Andaterutama yang berhubungan dengan Hardware.Untuk permasalahan dengan Software sebaiknya Anda lakukan pendeteksian sederhanadahulu seperti pemeriksaan file-file yang berhubungan dengan Software atau spesifikasi permintaan (requirement) dari Software. Apabila permasalahannya cukup rumit, sebaiknyaAnda install ulang saja Software tersebut, karena akan terlalu rumit untuk memperbaikisebuah Software, sedangkan untuk permasalahan dengan Brainware, penulis hanya dapat memberikan saran “istirahat dulu deh, he…”.Teknik dalam TroubleshootingTerdapat dua macam teknik dalam mendeteksi permasalahan dalam komputer, yaitu teknik Forward dan teknik Backward. Untuk lebih mengenal kedua teknik tersebut, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu definisi dari masing-masing teknik tersebut.1. Teknik ForwardSesuai dengan namanya, maka dalam teknik ini segala macam permasalahan dideteksisemenjak awal komputer dirakit dan biasanya teknik ini hanya digunakan oleh orang-orangdealer komputer yang sering melakukan perakitan komputer. Pada teknik ini hanya dilakukan pendeteksian masalah secara sederhana dan dilakukan sebelum komputer dinyalakan (dialirilistrik). Untuk mempermudah silakan simak contoh berikut :§ Setelah komputer selesai dirakit, maka dilakukan pemeriksaan pada semua Hardware yangtelah terpasang, misalnya memeriksa hubungan dari kabel Power Supply ke soket power padaMotherboard.§ Untuk casing ATX, kita periksa apakah kabel Power Switch sudah terpasang dengan benar.§ dsb.2. Teknik BackwardHampir sama dengan teknik sebelumnya, teknik Backward adalah teknik untuk mendeteksikesalahan pada komputer setelah komputer dinyalakan (dialiri listrik). Teknik lebih banyak digunakan karena pada umumnya permasalahan dalam komputer baru akan timbul setelah“jam terbang” komputernya sudah banyak dan ini sudah merupakan hal yang wajar. Dapatkita ambil beberapa contoh sebagai berikut :§ Floppy Disk yang tidak dapat membaca disket dengan baik.§ Komputer tidak mau menyala saat tombol power pada casing ditekan.§ dsb.Tabel Pendeteksian Masalah 
Setelah penjelasan sederhana dari kedua teknik tersebut penulis akan membahas lebih dalamlagi ke teknik Backward, karena bagi pengguna komputer rumahan tentunya teknik ini lebih banyak akan digunakan ketimbang teknik Forward. Untuk lebih mempermudah dalam pendeteksian masalah pada komputer Anda, silakan simak tabel berikut : NoKomponenPendeteksian Masalah1Power SupplyAnalisa Pengukuran2Motherboard3Speaker 4RAMAnalisa Suara5VGA Card + Monitor 6KeyboardAnalisa Tampilan7Card I/O8Disk Drive9DisketAnalisa PengukuranPada tahapan ini, pendeteksian masalah dengan cara mengukur tegangan listrik padakomponen nomor 1 sampai 3. Gunakan alat bantu seperti multitester untuk mengukur tegangan yang diterima atau diberikan komponen tersebut.Contoh : Mengukur tegangan listrik yang diterima oleh Power Supply, lalu mengukur tegangan yang diberikan oleh Power Supply ke komponen lainnya.Analisa SuaraPada tahapan ini pendeteksian masalah menggunakan kode suara (beep) yang dimiliki olehBIOS dan dapat kita dengar lewat PC Speaker. Pastikan kabel PC Speaker sudah terpasangdengan baik. Kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5. Untuk mempermudah pengenalan kode suara tersebut, silakan simak keterangan berikut :§ Bunyi beep pendek satu kali, artinya sistem telah melakukan proses Boot dengan baik.§ Bunyi beep pendek 2 kali, artinya ada masalah pada konfigurasi atau seting pada CMOS.§ Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya ada masalah pada Motherboard atauDRAM.§ Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali, artinya ada masalah pada monitor atau VGACard.§ Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya ada masalah pada Keyboard.§ Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya ada masalah pada ROM BIOS. 


§ Bunyi beep panjang terus-menerus, artinya ada masalah di DRAM.§ Bunyi beep pendek terus-menerus, artinya ada masalah penerimaan tegangan (power).§ Pada beberapa merk Motherboard akan mengeluarkan bunyi beep beberapa kali apabilatemperatur processornya terlalu tinggi (panas).Catatan : kode bunyi beep diatas berlaku pada AWARD BIOS, untuk jenis BIOS yang lainkemungkinan memiliki kode bunyi beep yang berbeda.Analisa TampilanPada tahapan ini pendeteksian masalah cenderung lebih mudah karena letak permasalahandapat diketahui berdasarkan pesan error yang ditampilkan di monitor. Kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 6 sampai 9.Contoh : Pada saat komputer dinyalakan tampil pesan Keyboard Error, maka dapat dipastikanletak permasalahan hanya pada Keyboard.Cara Cepat Mengenali Troubleshooting§ Apabila terjadi masalah dan sistem masih memberikan tampilan pesan pada monitor ataudisertai dengan bunyi beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada dikomponen nomor 6 sampai 9, yaitu pada Keyboard, Card I/O, Disk Drive dan Disket.§ Apabila terjadi masalah dan sistem memberikan kode bunyi beep lebih dari 2 kali, makakemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5, yaitu RAM, VGA Carddan Monitor.§ Sedangkan untuk masalah yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep,kemungkinan besar letak permasalahan ada di komponen nomor 1 dan 2, yaitu Power Supllydan Motherboard.Dengan kedua macam teknik dalam pendeteksian maslah dalam komputer tersebut, tentunyaakan lebih memperkaya pengetahuan kita di bidang komputer, jadi jika suatu saat terdapatmasalah pada komputer Anda kita dapat melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelummembawa ke tempat servis, kalaupun harus membawa ke tempat servis kita sudah mengertiletak permasalahannya, jadi kita tidak dibohongi oleh tukang servis yang nakal ; )Dengan pemahaman troubleshooting komputer yang lebih dalam tentunya akan lebihmempermudah kita untuk mengetahui letak permasalahan dalam komputer dan tentunya akanlebih menyenangkan apabila kita dapat memperbaiki sendiri permasalahan tersebut. Semoga pembahasan sederhana tentang troubleshooting ini dapat bermanfaat, selamat mencoba danterima kasih

MERAKIT KOMPUTER dan PENJELASANNYA

Okey kawan, kali ini saya akan memposting blog saya lagi.
Kali ini kita akan membahas tentang perakita komputer, nah bagi kalian yang belum mengerti cara merakit komputer bisa ikuti saya. Yuk kita mulai saja......

sebelum kita mulai, add facebook saya.

Merakit komputer merupakan sesuatu yang mengasyikkan bagi orang yang suka dengan perakitan komputer, Sebelum merakit komputer maka siapkan dulu komponen-komponennya  seperti :

1. Casing
2. Motherboard
3. Prosscesor
4. Heatshink dan kipasnya
5. Memory
6. Kartu grafis (VGA/AGP)
7. Hard Disk
8. DVD/CD Room
9. Flopy Disk Drive ( Bila Dibutuhkan)
10. Speaker
11. Monitor
12. Keyboard
13. Mouse

Selain Komponen-komponen di atas, sediakan juga CD Driver dan CD OS (Sistem Oprasi) Windows misalnya, serta aplikasi yang diperlukan seperti :

1. Microsoft Office
2. Pdf
3. Photoshop
4. Winnrar
5. DLL

tentunya anda tahu dong apa yang anda butuhkan, persiapkan juga alat-alat tangan seperti Obeng, tang dan pinset. juka sudah tersiapkan semua, mari kita mulai merakitnya
Lets Go....!!!!

1. Menyiapkan dan mengamati Motherboard
    
    a. Motherboard

Motherboard Gigabyte GA-8S661FXM-775

   b. Setelah itu buka kunci soket processor

Soket Processor telah terbuka
2. Ambil Processor

    a. Perhatikan bahwa Processor mempunyai tanda pada salah satu sudutnya, dalam hal ini
        biasanya ditandai dengan lengkukan, lubang atau anak panah.

gambar 3.a : Processor tampak dari atas
gambar 3.b : Processor tampak dari bawah
    b. Cocokkan tanda tersebuat pada tanda yang ada pada socket processor
    c. Jika sahabat melakukan hal di atas dengan tepat, maka processor akan dapat dimasukkan pada
        socketnya dengan baik dan benar
    d. Kunci kembali socket tersebut dengan menekan tuas kebawah dan mengaitkan dengan pengunci
        yang ada
Processor tampak dari atas telah dikunci
3. Memasang Heatsink dan kipas pendingin
    a. Heatsink dan kipas biasanya sudah dirangkai menjadi satu, sehingga kita dapat langsung
        memasangnya.
    b. Sebelum memasang, perhatikan pososo kabel daya untuk kipas dengan posisi connector
        dayanya. cari jarak terpendek agar kabel dayanya tidak bersinggungan dengan kipas.
Hasil pemasangan Heatsink dan processor


    c.  Dalam contoh Heatsink pentium 4 kali ini, bentuk pendinginnya adalah bulat dan terdapat 4
         buah pengunci di setiap sudut.
    d.  Pasanglah heatsink tersebut dengan cara meletakkannya di atas processor dan sesuaikan
         dudukan pendingin pada motherboard yang ada.
    e.  Kunci empat titik pada heatsink tersebut dengan cara memutar dan menekannya searah dengan
         arah jarum jam dengan menggunakan obeng.

4. Memasang Memory

    a. Untuk memasang memory, maka bukalah pengunci slot memory di kedua sisinya pada
        motherboard.
    b. Perhatikan bahwa setiap keping memory memiliki celah pada sisi bawahnya.
        Pada praktek kali ini kita menggunakan double data rate random acces memory (DDRAM)
        Ada jenisnya RAM yang lain, tetapi saat ini susah ditemukan di pasaran dalam keadaan baru
        yang disebut dengan syncronous dynamic random acces (SDRAM).
    c. Cocokkan celah ini dengan slot memory, jika sahabat memaksakan memasang Memory dengan
        arah yang salah, maka dapat merusak memory atau bahkan motherboardnya.
\
Pemasangan DDRAM

    d. Tekan keping pada kedua sisinya sehingga terdengar bunyi "klik", dan penguncinya
        akan menutup dengan sendirinya.

Hasil akhir pemasangan DDRAM5. Menyiapkan casing

    a. Siapkan casing yang akan digunakan.
    b. Letakkan di atas meja atau tempat lain yang diangap aman.
    c. Lepas sekrup yang ada pada bagian belakang, kemudian buka panel sampingnya dengan
        hati-hati. seperti pada gambar berikut ini :

Siapkan casing

    d. Cocokan posisi motherboard dengan dudukan yang ada pada casing.
    e.  Pastikan kaki-kaki tersebut akan mendukung motherboard sahabat di bagian yang
         membutuhkan tekanan kuat, seperti socket processor atau slot memory. jangan lupa
        setiap dudukan motherboard yang ada lubsiapkanang bautnya harus dikasih sekrup/baut, agar
        kedudukannya kuat (tidak goyah).

6. Memasang Motherboard

   a. siapkan sekrup-sekrup yang digunakan dan obeng, kemudian pasang motherboard sahabat
       dengan benar pada kedudukan yang tersedia.

memasang motherboard pada casing

    b. Kuatkan (putar searah dengan jarum jam) semua sekrup/baut yang digunakan untuk
        motherboard tersebut dengan baik dan benar.

7. Menyiapkan Harddisk

    a. Ambik hard disk sahabat, dan perhatikan bagian jumpernya. pada jumper akan terdapat
        pilihan master, slave atau Cable select. informasi ini dapdat ditentukan pada permukaan
        harddisk.
    b. Pasang jumper pada possisi sesuai dengan yang diinginkan. jika perlu siapkan pinset untuk
        mencabut dan memasang jumper pada harddisk.

8. Memasang Harddisk ke casing

    a. Beberapa casing menggunakan sistem bracket yang dapat dilepas untuk memudahkan dalam
        pemasangan harddisk dan floppy drive.

Memasang Harddisk pada casing
    b. Pilihlah sekrup yang sesuai, jangan sampai terlalu besar atau terlalu panjang. kemudian pasang
        sekrup tersebut pada dudukan harddisk dengan baik dan benar.9. Menghubungkan Harddisk ke Motherboard

    a. Perhatikan bahwa terdapat dua type kabel data IDE, yaitu 40-wire dan 34-wire. Kabel 40-wire
        digunakan untuk harddisk, dan kabel 34-wire digunakan untuk flopy disk drive (FDD)
    b. Pemasangan kabel data ini tidak boleh terbalik, pada salah satu sisi biasanya terdapat
        kabel dengan warna merah yang menandakan pin nomor 1.

Memasang kabel IDE pada harddisk

    c. Posisi ini juga ditandai di harddisk. Normalnya posisi pin 1 pada harddisk (kabel warna merah)
        berada tepat di sebelah connector daya (warna merah pula)

10. Memasang Floppy Disk Drive (FDD)

    a. Memasang Floppy disk drive, hampir sama dengan memasang harddisk. kecuali untuk beberapa
        model casing yang memisahkan tempat floppy dan harddisk.
    b. Beberapa type casing, kemungkinan perlu untuk membuka panel depannya terlebih dahulu
        sebelum memasang floppy disk drive.

11. Menyiapkan CD/ DVD Drive

    a. Seperti halnya harddisk, CD/DVD drive juga menggunakan jumper untuk posisi Master dan
        Slave, Atur jumper tersebut pasa posisi yang diinginkan.
    b. Apabila hanya terdapat sebuah harddisk, maka jumper berada pada posisi Master.
    c. Seandainya terdapat dua buah harddisk pada satu computer dan keduanya diaktifkan, maka
        satu harddisk dijadikan Master dan Harddisk satunya harus diatur pada posisi Slave.

12. Memasang CD/Dvd drive

    a. Untuk memasang CD/DVD drive biasanya kita perlu ,melepas panel depan casing terlebih
        dahulu, atau tergantung juga jenis dan model casing yang digunakan.
    b. Membuka penutup drive yang ada pada panel depan.
    c. Pasanglah CD/DVD drive dengan benar, kemudian tutup kembali panel depan 
        (jika menggunakan panel depan)

13. Menghubungkan CD/DVD drive ke Motherboard

    a. Pemasangan kabel data IDE dari CD/DVD ke motherboard sama dengan pemasangan harddisk.
    b. Pasang connector CD/DVD, dan ujung satunya lagi ke motherboard, pada connector yang
        bertuliskan CD
    c. Jangan lupa untuk selalu merapikan kabel-kabel tersebut agar tidak saling terkait dan semrawut.
        Atur lintasan dan jalur kabel dengan rapi, jika perlu ikatlah agar lebih rapi dan enak dipandang
        mata.

14. Menghubungkan Kabel Connector pada motherboard

    a. Sekarang kita perlu menyambung kabel-kabel dari casing motherboard.
    b. Kabel ini terdiri dari switch daya, indikator harddisk, indikator daya, tombol reset dan speaker,
       seperti tampak pada gambar berikut ini :

Memasang connector ke Motherboard
    c. Untuk casing yang menyediakan panel depan, misalnya Universal serial bus (USB), maka kabel
        -kabelnya juga harus dihubungkan ke motherboard agar dapat difungsikan dengan normal.

15. Menghubungkan Kabel Daya

   a. Setelah semua terpasang, maka langkah selanjutnya adalah menghubungkan.
       kabel daya dari catu daya ke motherboard, harddisk, FDD dan CDROOM.
   b. Untuk Motherboard Pentiun 4, biasanya paling tidak ada dua connector daya yang harus
       dipasang, seperti gambar berikut ini.

Memasang kabel daya 1 ke motherboard
Memasang kabel daya 2 ke Motherboard
    c. Kemudian sambungkan juga kabel-kabel daya ke harddisk, floppy. dan CD/DVD. jika casing
        kawan menggunakan kipas pendingin, maka hubungkan ke catu daya atau ke motherboard,
        sesuai dengan connector yang dimiliki. 


Memasang kabel daya harddisk


16. Siapkan komponen-komponen bagian luar

    a. Jika komponen bagian dalam sudah beres, maka sekarang giliran komponen-komponen
        bagian luar, seperti monitor, keyboard, mouse, dan speaker.

Socket komponen bagian luar casing
    b. Untuk komponen-komponen ini, kita tinggal menyambungkan kabel-kabelnya saja pada
        terminal yang telah ditentukan, misalnya keyboard, mouse, speaker dan monitor.

17. Memeriksa catu daya

    a. Periksalah dengan seksama untuk catu daya yang digunakan. Tegangan normalnya adalah 220
        230 Volt. Apabila disediakan switch, maka pindahkan switch ke sumber tegangan yang sesuai.

Connector power supply
19. Menginstal operating siste, dan software yang diinginkan

    a. Stelah dirakit dengan benar, sekarang adalah tahap penginstalan sistem operasi yang digunakan
       dan juga software yang sesuai kebutuhan. Untuk Sistem Operasi misalnya Windows, Linux, dan
       Mac.
    b. Instal juga aplikasi lainnya sesuai kebutuhan kawan, seperti Microsoft Office, Open
        Office, Acrobat reader, photoshop dan aplikasi lainnya
    c. Brusahalah menggunakan software yang resmi ( ada licensenya ), kecuali kalau memang
        software tersebut open source.
    d. Beberapa contoh software yang open source, misalnya knoppix, Open Office, Start Office dan
        lain sebagainya

- Copyright © Altamonte - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by ALTAMONTE -